DP3A Prov Sulut

DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DAERAH

PROVINSI SULAWESI UTARA

Jl. 17 Agustus Provinsi Sulawesi Utara

+62 431-843333 - +62 431-865451

Kemenpppa

Kunker Komisi VIII RI, Kadis PPA paparkan kondisi perempuan dan anak Prov.Sulut berita

Kunker Komisi VIII RI, Kadis PPA paparkan kondisi perempuan dan anak Prov.Sulut

Manado--- Jumat 28 Februari 2020, Bertempat di Aula CJ Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Mewakili Gubernur, Drs Edison Humiang memimpin pertemuan dalam rangka agenda Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR-RI. 

Melalui pertemuan tersebut Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra mengucapkan selamat datang di Bumi Nyiur Melambai dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh Tim Komisi VIII DPR-RI yang telah memilih Sulawesi Utara sebagai lokasi kunjungan kali ini.

Terkait dengan itu, Komisi VIII DPR-RI yang membidangi urusan agama, sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta penanggulangan bencana, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulawesi Utara, turut hadir memaparkan urusan PP-PA, yakni Bidang Pengarusutamaan Gender, Kualitas Hidup Perempuan Dan Kualitas Keluarga, Bidang Perlindungan Hak Perempuan, Bidang Perlindungan Khusus Dan Pemenuhan Hak Anak, dan Bidang Partisipasi Masyarakat.

Ir. Mieke Pangkong, MSi menyampaikan terkait Data Kasus, sumber data P2TP2A (Pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak) provinsi sulawesi utara sampai dengan bulan Februari 2020 didominasi oleh Kasus Trafficking, tercatat sebanyak 22 kasus antara lain 7 orang perempuan dewasa dan 15 orang anak perempuan yang didalamnya ada beberapa korban yang terjaring melalui aplikasi Me Chat.  

Kadis PP-PA Prov menjelaskan bahwa kasus tersebut diatas sempat viral di media social dan mendapat perhatian bapak Sekretaris daerah prov, Edwin Silangen yang berkunjung di Pusat pelayanan terpadu perempuan dan anak Provinsi Sulut untuk melihat keadaan korban trafficking melalui aplikasi Me Chat. 

Selain itu upaya pemerintah provinsi melalui Dinas PP-PA Prov. dalam penanganan dan pendampingan kasus perempuan dan anak adalah melakukan kerjasama lintas sektor dengan LSM-LSM yang peduli terhadap masalah perempuan dan anak dengan membentuk Forum PUSPA (Partisipasi publik untuk kesejahtraan perempuan dan anak), kerjasama dengan instansi terkait (Kepolisian) dan daerah tujuan korban trafficking 

Turut hadir dalam kunjungan kerja (kunker) Komisi VIII DPR-RI ini antara lain Kapus PKUB Dr. Nifasri, Ka Kanwil Kemenag Prov Sulut Abdul Rasyid,  Kepala Dinas Sosial Sulut Rinny Tumuntuan,  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Letjen TNI Doni Monardo, juga Pejabat Administrator seperti Kabag TU Aswin Kiay Demak. S.Ag, M.Pd.I, Kabid PHU Rikson Hasanati, M.Pd.I, Pembimas Katolik Dra Joula Makarawung serta Pejabat Pengawas dan JFU. (Neni)