DP3A Prov Sulut

DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DAERAH

PROVINSI SULAWESI UTARA

Jl. 17 Agustus Provinsi Sulawesi Utara

+62 431-843333 - +62 431-865451

Kemenpppa

Forum Anak Nasional (FAN) Tahun 2018 berita

Forum Anak Nasional (FAN) Tahun 2018

Forum anak, masyarakat dan pemerintah bekerja sama untuk menunjang masa depan anak berhadapan dengan hukum.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengutus 15 Anak yang tergabung dalam Forum Anak Daerah. FAD adalah utusan / perwakilan anak daerah dari 15 Kabupaten/Kota, terpilih melalui seleksi dan pelatihan 2P (Pelopor dan Pelapor) untuk ikut dalam Penyelenggaraan Forum Anak Nasional 2018 di Surabaya.

Forum Anak Nasional menghasilkan sejumlah tuntutan yang terangkum dalam 'Suara Anak Indonesia 2018' yang dibacakan pada puncak peringatan Hari Anak Nasional di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur, pada Senin (23/7/2018).

'Suara Anak Indonesia 2018' tersebut menyerukan partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan, menyatakan :

"Mendukung pemerintah untuk membuat regulasi terkait musrenbang anak tingkat daerah dan merealisasikan hasil musrenbang anak tersebut," kata perwakilan Forum Anak provinsi dari seluruh Indonesia saat membacakan Suara Anak Indonesia 2018 pada puncak peringatan Hari Anak Nasional 2018 di Kebun Raya Purwodadi, Senin (23/7/2018) dilansir Antara.

Selain itu, 'Suara Anak Indonesia 2018' juga membahas agar pemerintah memudahkan akses pelayanan akta kelahiran di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T),

Forum Anak Nasional 2018 juga menyuarakan mengajak keluarga Indonesia untuk meningkatkan pengasuhan terhadap anak dan pengawasan terhadap tayangan yang tidak layak anak; serta isu perkawinan anak ,FAD  meminta pemerintah untuk menyelaraskan peraturan perundang-undangan mengenai batas minimal usia perkawinan.

Forum Anak bersama Pemeirntah berkomitmen untuk membatasi penggunaan plastik sekal pakai dan mendayagunakan sampah plastic untuk di daur ulang di Indonesia.

Terkait perundungan, FAN 2018 menyatakan menolak segala bentuk perundungan, baik yang dilakukan di sekolah, lingkungan masyarakat maupun media sosial.

Sedangkan di bidang kebudayaan dan pendidikan, Forum Anak Nasional 2018 meminta pemeruntah menyediakan fasilitas peningkatan kebudayaan agar anak Indonesia dapat melestarikan nilai budaya serta mendukung pemerintah untuk menerapan wajib belajar 12 tahun dan mengoptimalkan anggaran Pendidikan serta mempermudah system masuk sekolah,” kata mereka.

Anak berkebutuhan khusus dan anak berhadapan dengan hukum pun tidak luput dari perhatian Forum Anak Nasional 2018. Mereka meminta pemerintah untuk memeratakan fasilitas bagi anak berkebutuhan khusus agar dapat mengurangi diskriminasi.

"Forum anak, masyarakat dan pemerintah bekerja sama untuk menunjang masa depan anak berhadapan dengan hukum," tutup mereka

Kegiatan Forum Anak Nasional, di Surabaya dimulai Kamis (19/7/2018) dan ditutup pada Minggu (22/7/2018). Provinsi Sulawesi Utara menerima penganugrahan Penghargaan Kabupaten Kota Layak Anak bagi Kota Bitung dengan Kategori MADYA, Penghargaan Kabupaten Kota Layak Anak bagi Kota Manado, Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minut dan Mitra dengan kategori Pratama. Selain itu Penganugrahan penghargaan Sekolah Ramah Anak Terbaik tingkat nasional bagi Madrasa Alia Kota Kotamobagu, SMK Negeri I Sonder, dan SMA Advent Klabat Manado.