DP3A Prov Sulut

DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DAERAH

PROVINSI SULAWESI UTARA

Jl. 17 Agustus Provinsi Sulawesi Utara

+62 431-843333 - +62 431-865451

Kemenpppa

dr. Devi bincang santai dengan Nelayan Perempuan berita

dr. Devi bincang santai dengan Nelayan Perempuan

 

Jumat, 12 November 2021, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulawesi utara, dr. Devi Kartika Tanos, MARS melihat lebih dekat aktivitas Nelayan Perempuan di Kelurahan Batu Putih Kota Bitung. Tiba di lokasi tempat Nelayan Perempuan bekerja, Kadis P3A Prov.Sulut langsung bertemu dan menyapa para Nelayan Perempuan yang ada.

Diketahui para nelayan perempuan tersebut telah terbentuk Kelompok dengan nama Kakap Usaha bersama Nelayan Pancing Perempuan di Wilayah Pesisir Pantai di bawah binaan Dinas Perikanan Kota Bitung dengan jumlah 10 orang dalam kelompok dimaksud.

 

Whats-App-Image-2021-11-12-at-09-13-02     Whats-App-Image-2021-11-12-at-09-13-24

 

Kedepan perlu untuk bersinergi dengan Instansi terkait untuk pengembangan Kapasitas Perempuan itu sendiri. Jika terjadi peningkatan kualitas hidup pada perempuan maka secara otomatis akan terjadi peningkatan pada kualitas keluarga itu sendiri sehingga Anak akan terlindungi dan terpenuhi haknya. Hal ini sejalan dengan UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah  yang mengatur tentang urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, kata dr. Devi.

Torang pe kelompok sudah terbentuk sejak tahun 2019 atau dengan kata lain somo jalan 2 (dua) tahun, ungkap Ibu Elsye (Ketua kelompok). Saat bincang beliau berkata kadang keluar rumah untuk cari ikan di laut sejak subuh kisaran jam 5 (lima) pagi atau Jam 7 (tujuh) pagi dan selesai siang atau sore hari, tergantung hasil tangkapan ikan. 10 (sepuluh) orang yang terbentuk dalam 1 (satu) kelompok nelayan perempuan ini mengaku setiap selesai mendapat ikan hasilnya dibagi merata. Kelompok Nelayan Perempuan yang sudah terbentuk, rata rata tiap perempuan sudah membentuk keluarga.

 

Whats-App-Image-2021-11-12-at-09-11-46     Whats-App-Image-2021-11-12-at-09-11-49

 

Ditanya harapan kedepan pada Ketua kelompok dengan profesi Nelayan Perempuan yakni: “Kiranya Pemerintah dapat memberikan bantuan berupa Perahu tidak lagi per kelompok tapi per orangan, sehingga pendapatan yang didapat dapat meningkat dari biasanya. Karna kalo per kelompok hasilnya kami bagi sepuluh secara mereta, kata Ketua Kelompok Nelayan.

Sementara itu saya memberikan Apresiasi kepada Ibu Ibu Nelayan Perempuan, karna selalu bersemangat dalam menopang ekonomi keluarga. Kiranya dapat berkembang usaha usahanya, tetap jaga kekompakan dalam usaha berkelompok, terus berdayakan potensi potensi yang ada dalam diri kita, tutup dr. Devi. (HumasDP3ADProv)