DP3A Prov Sulut

DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DAERAH

PROVINSI SULAWESI UTARA

Jl. 17 Agustus Provinsi Sulawesi Utara

+62 431-843333 - +62 431-865451

Kemenpppa

DP3AD PROV SULUT bersama PUSPAGA dan HIMPSI Sulawesi Utara berita

DP3AD PROV SULUT bersama PUSPAGA dan HIMPSI Sulawesi Utara

Manado - Bencana banjir di sejumlah kelurahan di Kota Manado pada Sabtu (16/1) memberikan beban psikis kepada korban banjir. Terlebih kepada perempuan dan anak, bencana dapat menjadikan trauma bagi mereka.

 

Persoalan inilah yang menjadi empati bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Karena itu, Dinas PPPA Sulut menggandeng UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Sulut, Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Sulut, dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Sulut, turun langsung ke dua lokasi banjir di Tingkulu dan sekitar Stadion Klabat, Ranotana, Manado, hari ini.

 

Mereka menemui perempuan, dalam hal ini ibu-ibu, dan anak-anak yang menjadi korban banjir pada kedua lokasi itu. Para korban diberikan perlindungan, pendampingan, motivasi, dan semangat, agar tidak trauma akibat banjir dan tetap survive.

 

"Tadi kami dampingi dengan bimbingan dari psikolog kepada para korban banjir. Karena kami tahu mereka juga memerlukan bantuan trauma healing, apalagi buat anak-anak," jelas Mieke kepada Exposenews.id.

 

 

Anak-anak, kata Mieke, harus tetap tersenyum menghadapi ujian yang diizinkan Tuhan ini. Pasalnya masa depan anak-anak masih terbilang panjang.

 

"Kasihan kalau mereka sudah dewasa dibayangi trauma gara-gara mengalami banjir saat masih kecil. Jadi tadi kami berikan semangat kepada mereka," ungkapnya.

 

Ditambahkannya bahwa Gubernur Olly Dondokambey, serta Wakil Gubernur Steven Kandouw menitipkan pesan melalui Dinas PPPA Sulut agar para korban banjir untuk bisa tetap kuat, dan cepat kembali beraktivitas seperti sebelumnya.

 

"Kedatangan kami tadi sekaligus menjadi wujud Pak Gubernur dan Wakil Gubernur hadir di tengah masyarakat yang sedang tertimpa musibah," jelasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, pihaknya juga turut memberikan sejumlah bantuan, seperti makanan siap dimakan, roti, susu, dan masker.

 

"Semoga bantuan yang diberikan dapat meringankan beban mereka," pintanya.

Oleh: Ronald Ginting Exposenews.id