DP3A Prov Sulut

DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DAERAH

PROVINSI SULAWESI UTARA

Jl. 17 Agustus Provinsi Sulawesi Utara

+62 431-843333 - +62 431-865451

Kemenpppa

Temu Kreativitas Anak Daerah berita

Temu Kreativitas Anak Daerah

Penyelenggaraan Temu Kreativitas Anak Daerah Provinsi Sulawesi Utara tahun 2018 di Graha Bumi Beringin, menghadirkan 500 anak yang terdiri dari perwakilan lintas agama se-Sulut, anak-anak perwakilan lintas agama, para siswa sekolah (SD-SMA), perwakilan kota manado dan sekitarnya, serta perangkat daerah Provinsi Sulawesi Utara. (17/7/2018). Acara ini dibuka oleh Bapak Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey,SE.

Temu kreativitas anak daerah menampilkan berbagai ajang kreativitas anak yakni paduan suara, maengket, masamper, pidato anti narkoba, tarian, dan Yel-Yel. Ini bertujuan agar menyalurkan bakat dan talenta anak, sehingga anak terus berkreasi mengembangkan kemampuan yang ada dalam diri anak.

Selain itu, dalam sambutan Bapak Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey mengatakan bahwa “Temu Kreativitas anak, masyarakat dan pemerintah bekerjasa “Menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media, Pemerintah dan Negara dalam menciptkan Lingkungan yang berkualitas untuk anak, serta memberikan perhatian dan informasi yang seluas-luasnya kepada seluruh anak dan keluarga tentang pentingnya membangun karakter anak melalui peningkatan pengasuhan keluarga guna mempercepat penanaman nilai-nalai kebangsaan”.

Sementara itu kehadiran Gubernur Sulawesi Utara, Bapak Olly Dondokambey sangat dinanti nantikan oleh perwakilan seluruh anak anak daerah yang hadir, oleh karena itu diacarakan dialog bersama Bapak Gubernur Sulawesi Utara, dengan peserta anak yang hadir. Keseruan acara semakin terasa, ketika Bapak Gubernur memanggil beberapa perwakilan anak untuk maju kedepan dan menjawab pertanyaan dari Bapak Gubernur. Alhasil anak-anak merasa terhibur dan bahagia karna bisa menjawab dan mendapatkan hadiah dari Pak Gubernur.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Ir.Mieke Pangkong, menuturkan Dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2018, dapat dilaporkan bahwa Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulawesi Utara telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain : Dalam rangka Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak maka pada tanggal 3-5 Juli 2018 di Hotel Sintesa Peninsula telah dilakukan SELEKSI untuk mengikuti Forum Anak Daerah Kabupaten/Kota se-Sulut sebagai Pelopor dan Pelapor (2P), Peran Forum Anak sebagai Pelopor adalah sebagai agen perumahan dalam Pembangunan, sehingga Forum Anak diharapkan dapat menjadi orang yang bertahan dalam segala situasi dan kondisi serta mempunyai kemampuan yang dapat membantu dan mengajak orang lain disekitarnya agar dapat turut serta dalam proses perubahan. Sebagai contoh Forum Anak bisa mempelopori kegiatan “Sehari tanpa Gadget” untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana kita bisa menyikapi “Godaan” yang ada di dunia maya.

Disamping itu kegiatan penilaian penghargaan sekolah ramah anak (SRA) oleh Pusat terhadap 3 Sekolah yang terpilih di Sulawesi Utara yakni 1). SMA Kristen Klabat Manado, 2) SMK Negeri 1 Sonder-Minahasa, dan 3) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kotamobagu.

Selanjutnya adalah Program Kebijakan Provinsi Layak Anak (PROVILA) dan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Pada Tahun 2018 yang mendapat Penghargaan adalah Kota Bitung, Manado, Tomohon, Kota Kotamobagu dan Kabupaten Minahasa dan Minahasa Utara, dimana penghargaan ini akan diserahkan oleh Presiden RI pada Momen Hari Anak Nasional pada tanggal 23 Juli 2018 di Surabaya.